√ 4 Cara Mengganti Icon dan Nama Aplikasi di Android Dengan Mudah - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

15 Okt 2019

4 Cara Mengganti Icon dan Nama Aplikasi di Android Dengan Mudah

cara mengganti nama aplikasi



Aplikasi merupakan sesuatu yang sudah tidak asing lagi di android kita. Seluruh dari pengguna android dan Ios menggunakan aplikasi untuk mengoperasikan smartphone mereka. Tapi apakah anda pernah berpikir untuk mengubah tampilan smartphone menjadi berbeda. Mulai dari mengubah icon aplikasi, mengubah launcher android dan mengganti wallpaper yang lebih keren.

Mungkin selama ini anda berpikir bahwa wallpaper dan launcher saja yang bisa diganti. Icon aplikasi di smartphone anda juga bisa diganti lho. Kebanyakan orang mengganti icon aplikasi android dengan menggunakan launcher keren yang mereka download si google.

Disini saya akan menjelaskan cara untuk mengganti icon dan nama aplikasi android sesuai dengan keinginan kita. Simak caranya di bawah ini.

Cara mengganti icon dan nama aplikasi android dengan aplikasi

1. Aplikasi awesome icons

Caranya cukup mudah anda cukup install aplikasi awesome icons di play store. Setelah di install buka aplikasi tersebut.

Pada saat membuka aplikasi awesome icons anda akan diarahkan ke menu quick start. Disitu kalian akan melihkat deretan aplikasi android, fungsinya, gambar icon aplikasi dan developernya.


cara mengganti nama aplikasi android


Di bawah lagi terdapat fitur kamera dan frame dan juga berbagai pilihan editing lainnya. Pilih fitur kamera untuk mengubah icon aplikasi dengan hasil jepretan foto langsung. Icon frame untuk mengganti icon aplikasi dengan gambar yang di simpan di galeri. Selanjutnya klik fitur paling kiri dan pilih create shortcut.

Baca juga : 10 cara sinkronisasi gmail di android dengan mudah

Di bagian launch. Pilih aplikasi yang ingin dirubah iconnya. Setelah itu tekan icon aplikasi untuk mengganti icon aplikasi dengan gambar dari galeri anda. Pilih gambar dan sesuaikan gambar untuk dijadikan icon aplikasi. Jangan lupa untuk mengganti nama aplikasi nya juga.


cara mengganti nama aplikasi android


Lalu tinggal save aja guys. Tapi saat anda melihat hasilnya aplikasi yang anda rubah akan menjadi 2, pertama yang original  dan kedua yang sudah anda edit. Jika anda ingin menggunakan yang kedua, anda tinggal hapus icon aplikasi yang pertama.

2. APK editor

Apk editor merupakan aplikasi yang bisa mengubah icon aplikasi. Apk editor tersedia gratis dan berbayar serta untuk menggunakannya dibutuhkan akses root dan non root. Tapi di tutorial ini kita pakai saja metode non root. Apk editor bisa mengedit aplikasi bawaan dan instalan. Anda bisa install aplikasi ini di play store.

Install aplikasi apk editor di playstore setelah itu buka aplikasinya. Install aplikasi yang ingin di rubah iconnya. Di menu utama apk editor pilih "select apk from app". Cari aplikasi yang ingin di rubah iconnya.


cara mengganti icon aplikasi android


Setelah itu pilih fitur common edit untuk masuk ke dalam proses pengeditan aplikasi. Jika ingin mengubah icon aplikasi, pilih launcher icon dan pilih gambar yang ingin dijadikan icon ( format foto harus .png ). Jika ingin mengubah nama aplikasi pilih app name, ubah sesuai yang kamu inginkan.

Kemudian pilih save untuk menyimpan editan aplikasi. Uninstall aplikasi yang jadi bahan edit lalu install aplikasi yang sudah anda edit di penyimpanan android.

3. Nova launcher

Nova launcher adalah aplikasi launcher yang memiliki fitur lengkap di android. Aplikasi ini juga bisa mengganti nama dan icon aplikasi sesuai yang anda mau. Caranya install aplikasi nova launcher di playstore atau download melalui google. Jika ingin mengganti icon aplikasi anda harus menginstall icon pack di playstore.


cara mengganti nama aplikasi android


Setelah itu buka nova setting masuk ke look & feel pilih icon theme dan pilih icon keren yang anda inginkan. Semua icon aplikasi di android anda akan berubah. Walaupun ada beberapa aplikasi yang iconnya tetap sama. Bagaimana jika ingin mengganti icon aplikasi dengan foto sendiri.


nova launcher


Masuk ke nova setting, tekan dan tahan aplikasi yang ingin di rubah iconnya. Lalu muncul pilihan pilih sunting atau edit lalu tekan gambar icon aplikasi. Pilih gambar yang anda inginkan di galeri untuk dijadikan icon. Lalu pilih save. Gambar yang di buat icon harus format .png dan jika ingin di letakkan di home screen harus berukuran 192×192 pixel.

Baca juga : 5 cara hemat kuota saat nonton video youtube

4. Icon changer

Download aplikasi icon changer dan install aplikasinya. Buka aplikasi maka akan muncul daftar aplikasi dan game yang bisa di ubah iconnya. Pilih aplikasi dan tekan change untuk merubah icon aplikasi. Setelah memilih gambar untuk icon klik save untuk menyimpan.


icon changer


Demikian yang bisa saya sampaikan tentang mengganti icon dan nama aplikasi di android semoga bisa bermanfat untuk anda dan keluarga.

Get notifications from this blog