√ 10 Cara Mudah Sinkronisasi Gmail Dengan Cepat di Android - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

10 Cara Mudah Sinkronisasi Gmail Dengan Cepat di Android

Sinkronisasi gmail bermasalah



Mengirim pesan melalui email masih dilakukan oleh sebagian masyarakat indonesia. Google mail atau Gmail merupakan layanan populer yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Gmail mempunyai penyimpanan dengan kapasitas yang besar sehingga banyak diminati para pengguna email. Gmail lebih populer dibandingkan dengan yahoo atau hotmail.

Gmail bisa diakses di PC maupun smartphone. Gmail terus meningkatkan kualitasnya demi menjaga popularitas di kalangan layanan email lainnya.

Gmail paling mudah diakses di android karena bisa membuat dan membuka pesan dengan mudah tanpa adanya halangan seperti di PC.

Tapi beberapa masalah kerap dialami pengguna Gmail seperti sinkronisasi yang bermasalah sampai gmail yang tiba - tiba log out sendiri sehingga anda harus log in ulang.

Jika sinkronisasi gmail anda bermasalah maka gmail akan mengalami beberapa masalah seperti:


A. Aplikasi gmail tidak bisa di buka 



Terkadang saat sinkronisasi gmail tidak terhubung, aplikasi gmail susah untuk di buka. Biasanya berhenti di menu utama dan pesan gmail tidak muncul.


B. Tidak bisa mengirim email



Saat sinkronisasi gmail tidak terhubung maka anda tidak mengirim email ke orang lain sampai sinkronisasi benar - benar terhubung.


C. Tidak bisa membaca email



Pasti anda pernah saat anda ingin membaca email tapi susah atau lama untuk di buka. Masalah ini juga terdapat pada sinkronisasi gmail yang tidak terhubung.


D. Tidak bisa menerima email



Saat anda cek inbox gmail di hp tidak ada apa - apa. Tapi saat anda membuka email di PC terdapat banyak sekali email baru. Hal itu menunjukan bahwa sinkronisasi gmail di android bermasalah.


E. Muncul peringatan di notifikasi



Masalah ini yang sering dialami para pengguna gmail. Android anda mungkin pernah muncul notifikasi "akun tidak disinkronkan" atau "sinkronisasi akun bermasalah".

Baca juga : 5 cara menghemat kuota saat nonton youtube

Hal ini terjadi karena anda sebelumnya mengganti kata sandi melalui browser atau PC sehingga saat ingin diakses di android terjadi error saat sinkronisasi.  Lalu, bagaimanacara mengatasi sinkronisasi yang bermasalah pada android. Mari kita bahas.

Gmail berperan penting dalam kelangsungan hidup kita. Saat kita berbisnis, membuat facebook, instagram atau hal lainnya anda perlu menggunakan email. Masalah yang sering dialami pengguna Gmail adalah masalah sinkronisasi yang terhenti saat ingin digunakan. Sinkronisasi berperan dalam penerimaan pesan email atau mengirim pesan email.

Lalu, apa yang menyebabkan sinkronisasi gmail menjadi bermasalah ? Sinkronisasi gmail bermasalah disebabkan oleh aplikasi gmail yang belum di update, penyimpanan internal penuh, koneksi internet yang bermasalah dan lain - lain.


Cara sinkronisasi gmail dengan cepat di android



1. Aktifkan sinkronisasi di pengaturan android


Untuk proses sinkronisasi gmail berjalan lancar. Anda juga harus mengaktifkan sinkron di bagian pengaturan android. 

Caranya buka pengaturan android lalu masuk ke akun dan pilih google lalu pilih email yang ingin di sinkronkan. Pilih tombol titik tiga di pojok kiri atas dan pilih sinkronkan sekarang.


2. Aktifkan sinkronisasi di aplikasi gmail



Jika ingin menerima email baru dari luar aplikasi maka anda harus mengaktifkan sinkronisasi di aplikasi gmail. Caranya buka aplikasi gmail pilih menu titik tiga di pojok kiri atas setelah itu pilih setelan lalu pilih email yang ingin disinkronkan, pilih dan refresh akun. Kemudian cari synch gmail di bagian data usage, centang pada kolom synch gmail.


3. Restart android anda



Mungkin ini adalah cara pertama yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki sinkronisasi gmail. Tidak salah jika anda restart android, bisa jadi sinkron error karena sistem android yang tidak menanggapi.


4. Matikan dan nyalakan data seluler



Jika data seluler anda mati sudah jelas tidak bisa mengakses gmail. Untuk mengakses anda harus online terlebih dahulu. Jika data seluler sudah dinyalakan tapi tidak bisa refresh, anda bisa matikan tunggu beberapa saat kemudian nyalakan kembali data seluler. Atau anda bisa nyalakan mode pesawat lalu matikan dan nyalakan data seluler kemudian masuk ke gmail.


5. Bersihkan penyimpanan internal android


Kita semua tahu bahwa penyimpanan android yang penuh menyebabkan beberapa masalah pada android termasuk juga sinkronisasi gmail. Sinkronisasi gmail akan terputus saat penyimpanan android hampir penuh, anda hanya perlu membersihkan sebagian file yang memenuhi penyimpanan. Bersihkan file sampai notifikasi penyimpanan hampir penuh hilang kemudian masuk ke aplikasi gmail dan coba refresh. 

Baca juga : cara mengembalikan file android yang terhapus


6. Update aplikasi gmail



Gmail yang gagal sinkron disebabkan aplikasi gmail yang sudah lama tidak di update. Anda harus update aplikasi gmail supaya bisa diakses kembali. Cara update aplikasi gmail: Buka playstore > cari gmail di kolom pencarian > update aplikasi. Setelah di upate maka gmail akan mengirimkan pesan email pada anda yang tertahan saat sinkron error.


7. Paksa berhenti dan hapus cache aplikasi gmail



Cache merupakan file dalam aplikasi yang sering menguras penyimpanan android. Dan file juga bisa membuat aplikasi bermasalah termasuk gmail. Cara menghapus cache yaitu masuk ke pengaturan > aplikasi > cari gmail > hapus cache. Memberhentikan aplikasi gmail terkadang bisa untuk memulihkan sinkronisasi gmail. Caranya masuk ke pengaturan > aplikasi > cari gmail > paksa berhenti. Setelah itu, coba masuk ke aplikasi gmail dan coba refresh. 


8. Log out dan log in gmail



Cara ini ampuh untuk mengatasi sinkronisasi yang bermasalah anda cukup log out dari gmail kemudian log in kembali ke gmail anda. Pertama masuk ke aplikasi gmail > tekan tiga garis vertikal di pojok kiri atas > tekan foto gmail > pilih kelola akun > pilih google > pilih akun yang ingin di log out >  tekan tiga titik horizontal di pojok kanan atas > pilih hapus akun. Kemudian cara log in kembali. Masuk ke pengaturan > akun > tambahkan akun > google > pilih akun yang sudah ada > lalu masuk.


9. Hapus data gmail



Cara ini bisa anda lakukan saat gmail berhenti di menu utama sehingga tidak bisa membuka email atau aplikasi gmail berhenti sendiri. Caranya masuk ke pengaturan > aplikasi > cari aplikasi gmail > hapus data. Setelah itu coba buka kembali aplikasi gmail dan aplikasi akan berjalan normal karena memuat data - data baru.


10. Perbaiki kesalahan akun



Masalah ini ditandai dengan munculnya notifkasi "akun tidak disinkronkan" sehingga membuat gmail tidak bisa beroperasi.

Hal ini disebabkan karena anda mengganti password di PC kemudian anda menggunakan gmail di android sehingga anda terpaksa harus log out dan log in gmail seperti cara no.8 di atas. 


Kesimpulan



Masalah pada aplikasi gmail atau sinkronisasi kebanyakan bisa di atasi dengan satu cara. Tapi tergantung dengan tingkat masalah yang harus di atasi.

Saya sendiri juga pernah mengalami gmail stuck pada menu utama saat saya ingin melihat kode ganti facebook. Lalu saya restart android saya dan gmail pun kembali normal.

Demikian beberapa cara untuk mengatasi sinkronisasi gmail yang bermasalah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda dan juga keluarga.    

Get notifications from this blog