√ 5 Cara Supaya Bluetooth Cepat Terdeteksi oleh Perangkat Lain - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

26 Sep 2019

5 Cara Supaya Bluetooth Cepat Terdeteksi oleh Perangkat Lain

5 Cara Supaya Bluetooth Cepat Terdeteksi oleh Perangkat Lain

bluetooth susah terdeteksi


Bluetooth merupakan fasilitas yang disediakan di ponsel sebagai media mengirim informasi. Kebanyakan digunakan Untuk mengirim file penting antar dua perangkat

Salah satu masalah penting saat memakai Bluetooth adalah pendeteksian perangkat yang lama atau tidak bisa mendeteksi sama sekali. Ada 2 penyebab utama kenapa Bluetooth sulit mendeteksi perangkat.

1. Fitur bluetooth pada ponsel sudah rusak.

2. Kesalahan settingan pada pengaturan perangkat bluetooth ponsel.

Bluetooth pada jaman ini sudah jarang sekali digunakan untuk mengirim file. Bluetooth digunakan untuk menghubungkan ke speaker bluetooth sebagai media memutar musik.

Walaupun begitu pasti anda pernah mengalami kesulitan dalam mencari perangkat bluetooth ponsel lain. Disini saya akan menjelaskan tentang cara bluetooth cepat terdeteksi oleh perangkat lain.

Baca juga : 5 cara menyalakan flashlight di ponsel xiaomi

Bluetooth pada Android memiliki opsi sendiri pada halaman pengaturan, hanya tampilan saja yang membedakan.

Cara pertama agar bluetooth terdeteksi di ponsel lain adalah dengan mengaktifkan fitur deteksi perangkat lain. Caranya adalah dengan masuk ke pengaturan > jaringan dan nirkabel > pengaturan bluetooth > centang opsi terdeteksi oleh perangkat lain.

Selain itu ada juga jenis Android yang cukup ditekan pada bagian awal bluetooth. Beberapa versi android memiliki waktu untuk bisa ditemukan perangkat lain.

Jika memiliki pengaturan lanjutan tentang deteksi perangkat, silahkan masuk ke pengaturan lalu pilih " tidak pernah ". Sesudah melakukan cara ini, bluetooth anda pasti akan mudah terdeteksi. Alasan kenapa Bluetooth Android tidak bisa terdeteksi di awal.

Karena Android ingin menjaga ponselnya dari kebobolan serta meningkatkan keamanan lewat bluetooth. Bluetooth akan mudah terdeteksi jika perangkat sudah terjalin dengan perangkat lain.

Jika anda ingin menyambungkan bluetooth pada headseat bluetooth atau speaker bluetooth maka harus melakukan beberapa cara diantaranya.

Pastikan fitur bluetooth sudah dinyalakan, sambungkan dengan perangkat yang dituju. Biasanya beberapa sistem bluetooth meminta password untuk bisa terhubung.

Tapi ada juga yang di tekan untuk bisa terhubung antar perangkat. Tekan cari perangkat atau segarkan untuk mencari perangkat bluetooth jika tidak terdeteksi.

Pastikan jarak antar perangkat tidak berjauhan. Jika bluetooth anda tidak mau menyala, maka restart hp anda atau matikan/nyalakan bluetooth atau aktifkan mode pesawat setelah beberapa saat matikan kembali.

Jika masih sulit dalam mencari perangkat bluetooth. Maka matikan perangkat bluetooth yang ingin disandingkan, tunggu beberapa saat lalu nyalakan kembali.

Pastikan baterai antar kedua perangkat cukup untuk menahan lama terhubungnya bluetooth. Perangkat akan sulit terhubung jika salah satu perangkat dalam keadaan baterai lemah.

Jika perangkat bluetooth susah menerima ataupun mengirim file. Hapus perangkat bluetooth tersebut lalu sandingkan kembali, cara ini efektif dan membuat bluetooth me-refresh kinerjanya.

Jauhi router wifi yang memiliki sambungan bluetooth yang sama. Jauhi port USB 3.0 karena akan menghalangi konektivitas perangkat bluetooth anda, unduh driver pada perangkat yang ingin disambungkan jika perlu.

Anda bisa memperbarui firmware perangkat supaya lebih efektif dalam konektivitas bluetooth. Jangan terlalu banyak mengirimkan file sekaligus karena bisa membuat hubungan antar perangkat bluetooth terputus.

Caranya bisa masuk ke pengaturan > bluetooth > pilih device > batasi pengiriman. Bersihkan cache aplikasi bluetooth jika sudah banyak menumpuk.

Reset pengaturan bluetooth denga cara masuk ke pengaturan > backup dan reset > reset jaringan perangkat. Jika masih sulit untuk terdeteksi antar perangkat, gagal mengirim file. Anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini.

1. Clear Cache aplikasi bluetooth

Cache merupakan file yang membuat penyimpanan android cepat habis, cache kadang membuat android kita blank, atau aplikasi force close.

Cara menghapus cache yaitu masuk ke pengaturan > aplikasi > pilih bluetooth > hapus cache. Setelah itu kemudian coba hubungan perangkat bluetooth atau coba kirim file melalui bluetooth.

2. Clear data aplikasi bluetooth

Jika masih bermasalah hubungan antar perangkat bluetooth. Maka anda bisa menghapus data aplikasi bluetooth untuk restart ulang aplikasi.

Caranya masuk ke pengaturan > aplikasi > pilih bluetooth > hapus data. Kemudian coba kirim file ke perangkat bluetooth lain.

3. Gunakan aplikasi bluetooth fix repair

Aplikasi Bluetooth fix repair akan menanggulangi berbagai macam masalah pada sistem bluetooth. Jika bluetooth anda error setelah melakukan root pada android. Maka, anda bisa memakai aplikasi ini. Silahkan download di playstore atau melalui google.

Baca juga : 10 cara mengatasi insta story instagram error

4. Reboot android

Cara sederhana yang bisa anda lakukan adalah matikan android, buka baterai, kartu memori, sim card, tunggu beberapa menit. Setelah itu, pasangkan kembali baterai, kartu memori, sim card kemudian nyalakan android.

5. Factory reset android

Jika masih belum bisa, anda terpaksa harus mereset android anda karena factory reset bisa mengatasi berbagai macam masalah pada android.

Cara factory reset adalah masuk ke pengaturan > buat cadangan & setel ulang > kembalikanke setelan pabrik > setel ulang telepon.

Demikian beberapa cara yang bisa disampaikan tentang cara agar bluetooth cepat terdeteksi oleh perangkat lain. Jangan lupa baca artikel lainnya di blog MagerSena untuk menambah pengetahuan dan wawasan anda. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan di kolom komentar artikel ini.  

Get notifications from this blog