√ 10 Cara Mengatasi Anak yang Kecanduan Gadget Berlebihan - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

20 Sep 2019

10 Cara Mengatasi Anak yang Kecanduan Gadget Berlebihan

10 Cara Mengatasi Anak yang Kecanduan Gadget Berlebihan

anak sering main gadget


Setiap tahun gadget model baru pasti bermunculan, dengan desain menawan dan keunggulannya masing - masing. Gadget tidak bisa lepas dari kehidupan kita, termasuk juga di kalangan anak - anak.

Pada jaman now ini, kebanyakan anak - anak indonesia sudah pandai dalam mengoperasikan gadget. Gadget pada anak biasanya digunakan untuk memutar musik, nonton video dan bermain game.

Semua orang tua juga tahu, kalau gadget mempunyai banyak kerugian dari pada keuntungannya. Gadget membuat anak malas belajar, jarang bergerak, asik sendiri, tidak mau main di luar dan lainnya.

Terkadang orang tua bingung, cara apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki anak yang sudah kecanduan gadget. Tenang saja, disini akan membahas cara mengatasi anak kecanduan gadget berlebihan.

1. Berikan efek positif bermain gadget

Pantau anak anda saat bermain gadget, pastikan anda mengetahui hal apa yang anak anda lakukan dalam gadgetnya. Berikan saran pada anak untuk melakukan hal positif dalam gadget.

Jadikanlah gadget sebagai media belajar anak, hindari anak bermain game di gadget terlalu lama. Jangan lupa untuk atur waktu karena terlalu lama bermain gadget tentu berdampak buruk bagi kesehatan.

Baca juga : 9 cara mengatasi reputasi buruk di kehidupan sosial

2. Ajak anak bersosialisasi

Anak yang jarang keluar rumah sudah pasti menghabiskan waktunya dengan bermakn gadget atau menonton tv, padahal jarang bergeraka akan berdampak buruk untuk anak.

Maka kenalkan anak anda dengan lingkungan bermain di sekitar rumah anda, bawa anak keluar di waktu pagi, tidur di siang hari, bermain di sore hari dan istirahat di waktu malam.

Dengan metode tersebut maka anak akan perlahan meninggalkan kegiatan bermain gadget.

3. Ajak anak anda berdiskusi

Beritahu anak anda bahwa gadget itu berbahaya, bermain gadget terlalu lama akan membuat mata jadi sakit dan lain - lain yang membuat anak berpikir dua kali saat ingin memainkan gadgetnya.

Berikan penjelasan pada anak tentang manfaat belajar, olahraga, membaca, mengitung dan lainnya. Ajak anak untuk mulai melakukannya maka seiring waktu, anak akan meninggalkan gadget dan terbiasa melakukan kegiatan barunya.

4. Membawa anak jalan - jalan

Bawalah anak liburan ke pantai, jalan - jalan ke luar kota atau ke tempat bermain. Cara ini akan membuat anak melupakan gadget dan enjoy dengan tempat bermainnya.

Kalau anda tidak mau mengeluarkan biaya, bisa juga berkeliling komplek tempat anda dengan mengenalkan tempat bermain yang aman di tempat anda.

5. Berikan batasan akses internet

Jika anak anda sudah mahir dalam menggunakan internet. Maka hati - hati, mungkin akan berdampak buruk pada anak. Berikan batasan akses internet untuk anak, supaya tidak terus menerus asik dengan gadgetnya sendiri.

6. Membawa anak mengikuti kegiatan

Jika anda tidak ingin pusing dalam mengajak dan mendidik anak. Maka cara nya yaitu dengan membuat anak sibuk sendiri.

Kenalkan anak dengan sesuatu yang menarik dan bermanfaat untuk dirinya. Contoh: kenalkan anak pada alat musik dan anak akan bermain dengan alat musik sekaligus melatih dirinya.

Ajak anak membuat kue, buat anak meringankan kegiatan dengan menyuruh mereka melakukan sesuatu dan meninggalkan gadget yang dia mainkan.

7. Berikan waktu luang untuk bermain dengan anak

Sisihkanlah waktu kesibukan anda untuk bermain bersama anak. Anak membutuhkan perhatian dari orang tua nya agar membentuk sikap yang baik.

Orang tua yang bermain dengan anak akan lebih efektif, anak lebih memilih menghabiskan waktu dengan orang lain dibandingkan bermain gadget sambil tiduran.

Lakukan secara rutin dan jika anak tidak mau di ajak main, buatlah dia tergoda dengan mainan baru yang anda beli atau hal lain yang membuat anak menaruh gadgetnya.

Baca juga : 4 cara mudah mempertajam daya ingat

8. Bawa anak keluar rumah

Anak yang seharian mengurung diri di rumah akan terasa bosan dan menghilangkan rasa bosan tersebut dengan bermain gadget seharian di rumah.

Bawalah anak keluar rumah, kenalkan pada anak betapa menyenangkannya bermain di luar rumah daripada bermain gadget seharian.

Ajaklah anak bermain dengan anak tetangga di waktu pagi atau sore maka secara tidak langsung anak akan meninggalkan keseruannya main gadget.

Anak akan memilih bermain dengan temannya dibandingkan mengurung diri di dalam rumah.

9. Batasi waktu pemakaian gadget untuk anak

Berikan batasan waktu untuk anak jika ingin menggunakan gadget. Atur waktu anak antara belajar dan bermain, tapi banyaklah memberi waktu belajar yang menyenangkan daripada main gadget yang membuat anak malas bergerak.

Pada saat anda menciptakan cara belajar yang efektif dan menyenangkan untuk anak, maka seiring waktu anak akan meninggalkan gadgetnya dan ia memilih melakukan hal yang menyenangkan untuk menghibur dirinya.

10. Berikan mainan lain untuk anak

Anak - anak yang kecanduan gadget adalah anak yang tidak punya mainan lain sebagai alternatif bermain untuk dirinya. Kadang orang tua juga yang mengenalkan gadget pada anak untuk menghibur anak supaya tidak ngeyel.

Maka solusinya adalah hilangkan gadget dari tangan anak dan alihkan perhatiannya pada mainan lain yang lebih menyenangkan.

Ajak anak lain untuk bermain dengannya supaya tidak jenuh bermain sendiri. Kolaborasi antar anak akan melatih dirinya menjadi terbiasa dan seiring waktu akan meninggalkan gadget.

Demikian penjelasan artikel semoga bisa menambah wawasan anda dalam mendidik anak yang baik dan benar. Jangan lupa baca artikel lainnya di blog MagerSena untuk menambah pengetahuan dan wawasan anda. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan di kolom komentar artikel ini.  

Get notifications from this blog