√ Inilah 4 langkah mudah Mempertajam Daya Ingat - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

Inilah 4 langkah mudah Mempertajam Daya Ingat

Inilah 4 langkah mudah untuk Mempertajam Daya Ingat dan konsentrasi

MEMPERTAJAM DAYA INGAT


Sering kita alami pada kehidupan kita mengingat sesuatu kemudian dalam waktu yang tidak lama kemudian lupa kembali, hal itu sudah menjadi kebiasaan pada kehidupan kita terutama pada pelajar, menghafal pelajaran atau membaca buku hanya pada saat menjelang ujian setelah itu pelajaran yang dibaca pun lupa lagi, Pengetahuan yang dipelajari hari ini tapi besoknya sulit untuk mengingatnya lagi, apa sebenarnya penyebab kebiasaan ini. Penyebab utamanya yaitu daya ingat otak yang mulai menurun, tetapi pada masa sekarang kemampuan mengingat sesuatu mengalami penurunan tidak hanya terjadi terhadap orang yang sudah lanjut usia saja tapi juga menimpa para remaja.

Tanda daya ingat sudah mulai menurun

tidak diketahui kapan daya ingat seseorang akan mengalami penurunan, tetapi kebanyakan orang bisa diperkirakan daya ingat akan mulai menurun pada usia 50-60 tahun, dan seharusnya kaum muda akan mempunyai kemampuan mengingat yang lebih kuat, tapi keadaan sebenarnya sering kita jumpai para anak muda yang terkadang sulit untuk mengingat sesuatu yang sudah dia baca.

Kenapa daya ingat manusia bisa menurun

Penyebabnya terdapat pada saraf otak yang sulit untuk melakukan tindakan konsentrasi atau fokus, Sulit untuk melakukan fokus bisa menyebabkan seseorang sulit untuk mengingat suatu hal. Untuk mengatasi hal ini kita harus menghilangkan penyebab sulit fokus ini, Caranya adalah dengan menata kembali kebiasaan yang sering kita lakukan.

Anda harus menghilangkan kebiasaan bermalas-malasan, membuang waktu luang, keseringan bermain game hal itu bisa membuat otak malas untuk melakukan kegiatan yang melibatkan konsentrasi, dan juga anda harus menghilangkan kebiasaan yang akan merugian pada tubuh anda, cobalah untuk merancang kegiatan yang sering melakukan kegiatan konsentrasi karena hal itu akan membuat otak cenderung bekerja dan kemampuan otak akan naik.

1.Jangan dengarkan hawa nafsu yang membawa pada kemalasan

Paksakan diri anda untuk menghindari nafsu untuk bermalas-malasan atau melakukan kegiatan yang negatif karena hal itu akan berdampak buruk pada diri anda dan juga kinerja otak anda. Hindari menonton film p0rno, karena itu faktor terbesar penyebab rusaknya kinerja otak.

2. Cobalah untuk merancang kegiatan yang sering melakukan konsentrasi

Cobalah untuk membaca buku pelajaran, ingat baca bukan menghafal karena baca buku cenderung akan meresap pada otak sementara menghafal akan membuat otak bekerja untuk sementara waktu kemudian melepaskannya terus anda akan lupa dengan yang anda hafal.

Dengan membuat sibuk pada diri anda maka akan melatih otak agar selalu bekerja dan mempelajari lebih banyak hal inovatif pada diri anda, Sehingga akan membuat otak mengeluarkan ide kreatif dan lebih tanggap tidak mudah melupakan sesuatu.

3. istirahat secukupnya

jangan paksakan diri anda untuk terus menerus berpikir keras sehingga membuat kepala anda pening, istirahatkanlah otak anda dengan tidur secukupnya, meditasi, tenangkan pikiran. Hal rersebut akan membuat otak anda lebih efisien untuk menghadapi kegiatan konsentrasi selanjutnya.

Salah satu faktor penyebab menurunnya kemampuan untuk mengingat yaitu masalah pada konsentrasi otak. Tentu Antum juga tahu bahwa ketenangan itu bisa membuat anda lebih rileks dan membuat pikiran lebih fresh. Jika hati nyaman, tidak gelisah, emosi teratur tentu otak dapat lebih bekerja untuk menangkap informasi secara cepat dan efektif sehingga tidak akan mudah lupa.

4. Belajarlah Sesering mungkin tapi jangan paksakan diri anda

selalu belajar belajar dan belajar, tapi jangan terlalu berlebihan biasakan baca buku 30 menit setelah itu, istirahatkanlah pikiran kamu selama 30 menit kemudian lanjutkan lagi membaca. Metode seperti itu akan melatih otak anda untuk lebih cerdas dalam mengolah informasi. Kemampuan mengingat manusia itu memang terbatas, dan selalu pelupa, Daya ingat itu ibarat sebuah pisau, perlu diasah terus menerus agar bisa tajam untuk menusuk hati mantan  . Jika bosan melakukan satu hal terus menerus, coba cari aktifitas yang membuat anda lebih konsentrasi seperti berdiskusi dengan teman sekelas.

Daya ingat memang sulit untuk melatihnya, butuh niat dan usaha yang kuat kalau mau menjadi orang yang cerdas, ingat satu hal aktifitas keseharian anda menentukan kinerja otak anda. Tidak mungkin otak seorang presiden disamakan dengan pedagang, dan juga jangan lupa konsumsi makanan yang sehat dan bergizi untuk memberikan asupan pada otak anda.



BACA JUGA:

10 Cara agar menjadi orang yang selalu bekerja keras
Inilah 6 dampak negatif berpikir terlalu keras


Get notifications from this blog